Yuk, Kita Nabung dan Bertransaksi Melalui BNI
Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya
saat pertama kali membuka dan memiliki rekening bank. Masih teringat jelas
dalam ingatan saya, tanggal 15 September 2014 saat kabar buruk menimpa keluarga
pemilik server pulsa yang acap kali aku membeli stok pulsa di sana. Iya, memang
takdir Tuhan tidak bisa di lawan. Sebelumnya saya jelaskan bahwasanya semnejak
kuliah dan duduk di semester 5, saya mencari uang sampingan dengan berjualan
pulsa. Saya menjual pulsa kepada tetangga dan teman kuliah saya. Karena jarak
rumah saya dengan kantor server pulsa dekat, maka setiap hari saya menyetorkan
(atau istilahnya deposit) uang untuk bertransaksi kepada Mas Gusthi. Nah, pada
hari itu tanggal 15 September 2014 pukul 10:47 WIB, salah satu keluarga Mas Gusthi
meninggal dunia, dan broadcast pesan pun masuk kepada semua customernya saat
itu yang berisikan “Kpd Yth. Seluruh agen pulsa server Opxxxxx Reload, sampai 7
hari ke depan deposit tunai di kantor tidak dilayani karena ada musibah.
Silahkan deposit via Bank xxx, BNI, xxxxxxx, dan xxx. Alamat rekening bisa
dilihat di Web Resmi”. Rasa sedih dan bingung pun menghampiriku, sedih karena
Mas Gusthi kehilangan salah satu familinya dan saya bingung bagaimana saya bisa
deposit karena saya tidak punya rekening bank manapun.
Akhirnya,
sore hari di sela-sela waktu senggangku sehabis kuliah dan bertakziah, maka aku
sempatkan membuka situs web bank perantara yang sudah Mas Gusthi sebutkan tadi.
Satu demi satu aku pelajari beberapa fitur, manfaat, dan tarif jasa masing-masing
bank tersebut. Karena setiap melihat web bank-bank tersebut aku melihat slogan
“AYO KE BANK!!” dan otak saya langsung menangkap bahwa sudah seharusnya saya
punya rekening dan menabung ke bank agar saya lebih disiplin menggunakan uang.
Dan akhirnya keesokan harinya pada hari Rabu, tanggal 17 September 2014 bermodalkan uang 2 juta rupiah dari ibu saya,
saya berkeliling untuk melihat-lihat kantor bank, sebelum saya memutuskan
kemana saya akan menitipkan uang saya sekaligus menjadikan perantara transaksi
keuangan saya dengan orang lain.
Kebetulan
keempat bank tersebut termasuk BNI ada semua di wilayah saya, yaitu di
Kecamatan Wlingi – Kabupaten Blitar, meskipun hanya Capang Pembantu. Setiap
satpam dan Customer Service saya tanyai tentang fitur yang ada di bank tersebut.
Akhirnya pilihan saya jatuh ke Bank BNI. Kenapa saya pilih BNI? Alasan yang
mendasar adalah karena di bank BNI Cabang Pembantu Wlingi mempunyai ATM setoran
tunai yang setiap hari 7x24 jam bisa melayani setoran dan transfer online via
Electronic Banking. Wawww, canggih sekalih pikir saya, padahal 3 bank lainnya
tidak mempunyai mesin CDM tersebut. Tanpa pikir panjang aku langsung mengantri
untuk dilayani oleh Customer Service. Betapa ramah dan cantiknya Customer
Service tersebut, tetapi saya lupa namanya hehehe. Setelah mengisi formulir dan
melengkapi persyaratan, akhirnya dibukalah tabungan BNI Taplus saya, Cuma 5
menit setelah isi formulir dan melengkapi persyaratan, Buku tabungan dan ATM
pun sudah ditangan, betapa bahagianya saya.
Belum
beranjak dari tempat duduk pun saya ditawari oleh Customer Service untuk
menggunakan fitur Internet Banking BNI. Sontak saya kaget, apa itu internet
Banking BNI dan menanyakan lebih jauh kepada Customer Service yang bertugas.
Dengan ramah dan sabar, Customer Service yang bertugas menjelaskan bahwa Internet
Banking adalah suatu program online milik BNI yang dapat diakses melalui alamat
resmi https://ibank.bni.co.id melalui komputer maupun mobile browser. Internet Banking
BNI ini mempunyai fitur yang sangat lengkap, bisa untuk transfer online, beli
pulsa online, membayar angsuran finance online, tiket kereta api bahkan bisa
untuk membayar listrik online. Wah, lengkap sekali ini dan tanpa pikir panjang
saya pun setuju untuk membuka akun online tersebut. Lalu saya dibuatkan akun
dan saya mengisi password yang saya butuhkan, setelah selesai saya pun diberi
token untuk transaksi finansial yang merupakan kode pengaman tambahan untuk
aktifitas Internet banking, dan setelah membayar administrasi Internet Banking dan pembelian Token BNI e-Secure
sejumlah Rp. 10.000,- saya pun keluar meninggalkan Bank BNI dan disambut ramah
oleh satpam yang membukakan pintu.
Tidak
sabar untuk bertransaksi pulsa kembali setelah beberapa hari vakum sekaligus
ingin menikmati fitur bertansaksi online, saya pun mentransfer uang tabungan
saya kepada kantor server pulsa dan benar saja tidak sampai 15 menit setelah
transfer, saldo pulsa saya bertambah sesuai dengan yang saya transfer, cepat
dan akurat sekali. Dan saya pun mulai berjualan pulsa seperti bisa, order
pengisian pulsa pun lancar dan perputaran uang pun kembali berputar, hehe.
Karena mudah dan efisiennya, saya pun meninggalkan cara konvensional untuk
mendeposit saldo pulsa melalui deposit tunai ke kantornya dan memilih transfer
online menggunakan Internet Banking BNI dan mesin ATM yang tersebar di
mana-mana. Saking mudahnya, pembayaran listrik bulanan pun saya memakai
Internet Banking BNI sekaligus beberapa anggota keluarga saya ikut menitip
pembayaran rekening listrik melalui rekening BNI saya dan uangnya dibayarkan
secara tunai ke saya. Alhamdulillah, sambil usaha sambil menolong orang lain
berkat bantuan Bank BNI. Proses menabung pun sangat mudah tidak perlu harus
datang ke teller saat hari dan jam kerja, tengah malam pun saya ingin menabung
bisa melalui mesin setor tunai yang ada di gallery ATM Bank BNI Cabang Pembantu
Wlingi ini, dan semakin hari saya lihat antrian di Gallery ATM lumayan banyak
yang berarti animo masyarakat menabung ke bank dan khususnya melalui Bank BNI
ini begitu besar mungkin dengan fitur-fitur spesialnya yang ditawarkan dan
tidak dipunyai oleh bank lainnya di daerah Wlingi. Bisa dikata bahwa slogan
pemerintah AYO KE BANK!!! Sukses diimplementasikan oleh BNI yang saya asumsikan
mempunyai nasabah yang lumayan besar di daerah saya, bahkan saya pernah menemui
beberapa orang dari kecamatan tetangga datang ke BNI Wlingi untuk keperluan
transaksi mereka baik melalui Gallery ATM maupun melalui Teller dan Customer
Service.
Alhamdulillah setelah saya bekerja saat ini, payroll
tempat kerja saya menggunakan rekening BNI yang berarti saya memang berjodoh
dengan BNI, hehehe. Bahkan sampai saat ini saya masih berjualan pulsa dan
semoga saya bisa mempunyai server pulsa sendiri dari hasil berjualan pulsa dan
tabungan dari gaji kerja saya ke depannya. Untuk Bank BNI saya mempunyai
beberapa pendapat, alangkah baiknya setiap kecamatan disediakan Kantor BNI
karena saya rasa BNI bisa menjadi partner orang desa seperti di wilayah saya.
Perlu diketahui bahwa Kantor BNI yang ada di Blitar saat ini masih ada 2, yaitu
di BNI Kantor Cabang Blitar dan BNI Kantor Cabang Pembantu Wlingi. Semoga
dengan bertambahnya usia yang menginjak ke 70 tahun, kedepannya BNI lebih baik
dan berinovasi lebih dalam mendukung kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia.
Sukses dan Terima Kasih BNI atas Pelayananmu.
Komentar
Posting Komentar