Ada Apa dengan Tanggal 7 Juli?

July, 7 | https://depositphotos.com

Saat kita berkunjung ke perpustakaan untuk mencari referensi, pasti kita akan butuh bantuan seseorang yang menjadi juru kunci di perpustakaan tersebut. Ya, mereka adalah pustakawan. Bertugas melayani pengunjung perpustakaan. Memastikan seluruh pengunjung mematuhi segala tat tertib yang berlaku di perpustakaan. Bahkan, mereka juga yang akan menunjukkan di mana tempat buku yang kita butuhkan saat kita kebingungan.

Tepat 30 tahun setelah diresmikan menjadi Hari Pustakawan Nasional oleh Kepala Perpustakaan Nasional kala itu Bapak Mastini Hardjoprakoso, MLS. yang juga merupakan tanggal lahir beliau merupakan suatu momentum yang menjadi kebanggan tersendiri di kalangan pustakawan. Karena profesi sebagai pustakawan benar - benar menjadi profesi yang keren dibalik pendiamnya mereka -dilarang berisik di perpus-.

Bapak Mastini adalah seorang pustakawan Indonesia yang hebat, lahir di Surakarta, 7 Juli 1923. Diangkat menjadi Kepala Pustakawan Nasional pada 6 Februari 1990 oleh presiden RI kala itu, Bapak Soeharto. beliau menjabat sebagai Kepala Pustakawan Nasional selama 8 tahun sampai dengan tahun 1998. Beliau ini menamatkan studi akhirnya pada tahun 1972 di Universitas Hawai, Amerika Serikat pada bidang ilmu Library Studies dan berhasil mendapatkan gelar Master of Library Studies (MLS). Beliau wafat pada tanggal 3 April 2017 dan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Sebagai penggiat literasi, tentunya kita akan terus mengingat jasa - jasa beliau selama menjadi Kepala Pustakawan Nasional dan kini jasa pustakawan benar - benar patut diapresiasi dibalik maraknya literasi digital, karena tanpa mereka pasti kita akan kesulitan jika sedang berkunjung di perpustakaan. Sekali lagi, kami ucapkan Selamat Hari Pustakawan Nasional yang ke 30 kepada seluruh Pustakawan Indonesia yang tetap semangat dalam mendukung dunia literasi di Indonesia.

Komentar

Postingan Populer

Anak Pupon (Bagian 2 : Kota Rana)